5 Rukun Dalam Islam

5 Rukun Dalam Islam

Setelah kita mengetahuai rukun iman ada enam (6) yakni iman kepada allah, malaikat allah, kitab-kitab allah, para rosul, hari kiamat dan qodho’ qodar, selanjutnya kita sebagai muslim juga harus mengetahui apa itu rukun islam?

     Rukun islam, adalah sesuatu yang menjadi dasar berdirinya islam dalam diri seseorang, bisa di artikan juga bahwa rukun islam adalah kewajiban yang harus terpenuhi oleh setiap muslim di dalam menjalankan agama islam, bisa di katakan islam seseorang belum  sah/sempurna ketika meninggalkan salah satu rukun dalam islam.

Rukun islam ada 5(lima) :
1. Membaca syahadatain (syahadat tauhid dan syahadat rosul)
2. Menjalankan sholat
3. Memberi zakat
4. Berpuasa
5. Berhaji bagi yang mampu

      Membaca syahadatain yakni syahadat tauhid dan syahadat rosul menjadi yang pertama dalam rukun islam, seolah seperti sebuah tiket masuk, agar  bisa mengerjakan apa-apa yang ada di dalamnya.

Syahadat tauhid berupa kalimat “asyhadu an laa ilaaha illallaahu (saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah)”
Syahadat rosul berupa kalimat : “wa asyhadu anna muhammadan rosuulullaahu ( dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan allah)”

Sayahadat mempunyai makna sebuah kesaksian juga pengakuan seorang hamba/makhluk, bahwa tidak ada tuhan kecuali hanya allah, dan Muhammad bin Abdullah bin abdil mutholib bin hasyim bin abdi manaf adalah utusan(rosul) allah, Maka seseorang belum bisa di katakan beragama islam kalau belum mengucapkan syahadatain.

Dalam kitab kasyifatu saja (sarah safinatu naja) di sebutkan kalau Lafal “rukun” mempunyai arti dasar/penguat. Dan Lafadz “islam” menurut Bahasa bermakna al-inqiyad “terikat/ikatan” adapun menurut syara’ lafaz islam bermakna “terikat/ikatan dengan hukum-hukum syari’at”

kita sebagai muslim dalam membaca syahadat, walaupun sudah cukup satu kali, tidak ada salahnya kalau kita mengulang-ngulang kalimat syahadat dalam kehidupan kita sehari-hari, bertujuan untuk menanggulangi kalau dalam kehidupan sehari-hari, kita sedikit besar, baik itu ucapan atau perbuatan terkadang melakukan hal-hal yang bisa menjadikan kita keluar dari islam kita, atau biasa di sebut dengan syirik khofi.

Semoga kita selalu dalam taufik dan hidayah-Nya karna kita hanyalah makhluk yang yang lemah dan bodoh, yang dengan tanpa-Nya tidak bisa apa-apa.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *